Tips Komunikasi Online yang Baik – Bagaimana membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan online? Berikut beberapa hal yang sanggup dilakukan untuk itu.
Biasakan Diri Dengan Komunikasi Tertulis
Tidak semua orang punya talenta menulis. Tentu kita tidak mencari seorang penulis ulung di sini. Pebisnis online tidak punya banyak waktu untuk mengikuti training menulis pastinya. Kita hanya perlu membiasakan diri berkomunikasi menggunakan tulisan. Walau tidak berhadapan eksklusif dengan pelanggan, bukan berarti kita tidak sanggup bersikap ramah kepada pelanggan. Perlu diingat, keramahan dan kemarahan sanggup tertangkap dari susunan teks yang kita ketik di layar komputer atau gadget. Pilihlah kata-kata yang menyuarakan persahabatan. Sapa pelanggan dengan nama atau awali dengan basa-basi menanyakan kabar.
Bayangkan kita sedang berbicara eksklusif dengannya sehingga akan tersusun bahasa tertulis yang komunikatif dan bersahabat. Bagi mereka yang sudah terbiasa berkomunikasi dengan pesan instan, menyerupai WhatsApp atau BlackBerry Messenger, tidak akan menemukan kesulitan berarti dengan gaya komunikasi ini.
Teliti Membaca Pesan
Seorang penjual offline akan menyimak keinginan pelanggan dikala mereka berkomunikasi langsung. Hal serupa juga dilakukan penjual online. Bedanya, pelanggan toko online memberikan apa keinginannya melalui pesan tertulis. Ketelitian membaca pesan sanggup menghindarkan masalah, menyerupai salah kirim pesanan, alasannya yakni hal ini sangat berdampak besar pada bisnis. Banyak duduk kasus terjadi jawaban penjual kurang teliti membaca pesanan atau sulit menerka keingingan pelanggan dari pesan tertulis yang penuh dengan akronim kata. Masalah-masalah itu terkesan sepele, tapi akan bergulir menjadi duduk kasus besar di kemudian hari apabila terus dibiarkan. Ingatlah, di dunia bisnis online, reputasi amat sangat dipertaruhkan.
Respons yang Baik dan Cepat
Alasan utama orang berbelanja online yakni ingin serba mudah dan cepat. Itulah mengapa seorang penjual online sebaiknya memberi respons yang cepat ke pelanggan. Pembeli online tidak menghabiskan waktunya untuk mendapat respons dari kita saja. Kemungkinan besar ia juga mencari produk serupa dari toko online lain atau bahkan dari banyak toko online. Siapa yang merespons paling baik dan cepat, ia yang akan memenangkan transaksi. Kita sebaiknya selalu berpikir dengan keyakinan “Siapa cepat, ia dapat.” Tidak sanggup dipungkiri, hal inilah yang berlaku di dunia bisnis online. Bukan hanya cepat, tapi juga harus baik dan memuaskan. Ketika stok barang yang dipesan habis, bukan berarti kita mengalah kalah. Kita sanggup berusaha dengan menggunakan kalimat, “Akan kami usahakan memesan stok yang Anda cari sesegera mungkin.”
Simpan Data Percakapan
Keunggulan komunikasi tertulis dibanding komunikasi verbal yakni kita sanggup menyimpan semuanya. Dengan menyimpan data percakapan dengan pelanggan, kita sanggup mengenali
kebutuhan mereka dengan baik. Dengan mengenali kebutuhan pelanggan, kita sanggup menyempurnakan taktik pemasaran dengan lebih baik lagi. Data percakapan dengan pelanggan juga sangat membantu apabila terjadi duduk kasus di kemudian hari.
Gunakan Emoticon
Tidak semua hal yang ingin disampaikan sanggup terwakili dalam komunikasi tertulis. Kadang kita ingin menghibur pelanggan yang kecewa dengan memberi senyuman simpatik, atau memberikan rasa ikut berduka atas duduk kasus yang dihadapi. Kata-kata saja tidak cukup untuk itu. Dalam komunikasi lisan, kita sanggup menggunakan ekspresi wajah, mimik, dan gerak-gerik. Di dunia komunikasi tertulis, semua sanggup digantikan dengan emoticon, walaupun tidak pernah sanggup seefektif ekspresi sesungguhnya. Namun setidaknya kita sudah berusaha. Gunakanlah emoticon yang sempurna dikala dibutuhkan.
Tetap Terbuka
Sampaikan duduk kasus teknis yang mungkin mengancam. Seorang pembeli online selalu berharap pesanannya tiba sempurna waktu dalam kondisi baik dan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, sering kali ada duduk kasus teknis dan non-teknis yang menciptakan penjual online tidak sanggup memenuhi impian pelanggan, mulai dari kesibukan yang tiada henti, sempitnya waktu yang tersedia, hingga duduk kasus dengan bab ekspedisi. Semua duduk kasus itu sanggup terjadi di luar kontrol penjual dan alhasil pembeli akan kecewa. Usahakan selalu terbuka dengan pelanggan mengenai duduk kasus yang terjadi. Jelaskan garis besarnya dan meminta maaf atas hal itu. Pelanggan memang berada di daerah yang jauh, tidak sanggup eksklusif datang, dan memarahi kita, tapi bukan berarti kita sanggup mengabaikan kekecewaannya. Komunikasi tertulis bukan alasan untuk mengecewakan pelanggan. Komunikasi menjadi kunci utama dalam sebuah bisnis online.
Posting Komentar
Posting Komentar