CARA menentukan longtail keywords yang tepat - longtail keyword ialah kata kunci yang sering dipakai sebagai kriteria pencarian pada mesin pencari, artikel dengan longtail keyword mempunyai peluang besar muncul pada urutan 10 besar hasil pencarian search enggine, dikala kata kunci yang dipakai pencarian sempurna sesuai dengan judul artikel kita yang memakai lonagtail keyword, maka kemungkinan besar artikel yang kita miliki muncul pada urutan 10 besar mesin pencari, bahkan mempunyai peluang untuk menduduki urutan pertama mesin pencari, namun dalam menentukan long tail keyword ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu mengenai tingkat kompetitor atau pesaing yang memakai long tail keyword tersebut, tapi dengan analisa yang tepat, besar kemungkinan artikel kita muncul lebih baik pada halaman SERP (search enggine result page).
Pada artikel kali ini saya akan bergai info mengenai bagaimana cara menentukan longtail keyword yang sempurna untuk dijadikan judul artikel, tapi sebelum kita lanjutkan, saya sedikit mau bertanya, apakah anda sudah paham mengenai apa itu long tail keyword?, jikalau anda belum paham apa itu long tail keyword, sebaiknya anda baca terlebih dulu artikel saya ihwal cara
memahami apa itu longtail keyword?, jikalau anda sudah paham, sepakat mari kita lanjutkan.
Pembahasan meliputi:
#1. Bagaimana cara mencari longtail keyword dari kata kunci utama yang kita bidik
#2. Menganalisa kompetitor yang sudah memakai longtail keyword yang kita bidik.
#3. Membuat judul artikel dari longkeyword.
Cara Mendapatkan Longtail Keywrods
Keyword research atau riset kata kunci ialah hal yang wajib dilakukan sebelum kita memutuskan untuk kata kunci tersebut kita jadikan judul artikel, tujuan kita memakai tool research ialah untuk menemukan long tail keyword dan tingkat kompetitornya, untuk mengetahui caranya sebagai contoh kita akan gunakan contoh perkara sebagai berikut:
Misal kita akan membidik kata kunci utama "Buat Email", sebelum dipakai untuk judul artikel langkah pertama ialah kita harus jadikan kata kunci utama tersebut menjadi kata kunci longtail keyword, caranya bagaimana?, tentu saja bukan asal tebak, untuk menimbulkan kata kunci long tail keyword kita harus mencari kata kunci longtail keyword dari kata kunci "Buat Email", kita sanggup memakai salah satu tool gratis dari google yaitu google adword keyword tool, dengan langkah sebagai berikut:
a. Masuk ke halaman
https://adwords.google.com dan silahkan anda login dengan memakai email gmail yang anda miliki.
b. Pada halaman utama google adwords keyword tool, silahkan anda pilih dan klik
menu tools dan pilih
submenu Keyword Planner, menyerupai diperlihatkan pada gambar dibawah ini:
c. Pada halaman berikutnya yang muncul kemudian pilih dan klik Menu "
Search for new keyword and ad group ideas", maka akan tapil tampilan menyerupai gambar dibawah ini:
Silahkan atur menyerupai gambar diatas, dan masukan kata kunci utama yaitu "Buat Email" menyerupai terlihat pada gambar diatas kemudian tekan tombol "
Get Ideas".
d. Anda akan dibawa ke daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email" yang kita masukan, silahkan anda pilih Tab "Keyword ideas", kata akan melihat daftar kata kunci yang relevan dengan kata kunci "Buat Email", menyerupai terlihat pada gambara dibawai ini, beberapa kata kunci yang muncul ada yang 1 kata, 2 kata dan 3 kata atau lebih, dari daftar yang muncul kita sanggup pilih beberapa kandidat kata kunci yang nanti kita jadikan judul artikel, dan sebaiknya kita menentukan kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, jangan lupa kata kunci yang anda pilih sebaiknya kata kunci yang mempunyai pencarian perbulan besar tetapi jumlah kompetitornya menengah kebawah atau medium/low.
Lihat gambar diatas, bergotong-royong kita sanggup menentukan kandidat kata kunci manapun sesuai dengan selera anda, yang penting kata kunci yang kita ambil ialah kata kunci long tail keyword, yaitu kata kunci yang terdiri dari 3 suku kata atau lebih, dengan nilai pencarian tinggi tapi nilai kopetitornya rendah, menyerupai terlihat pada gambar diatas, sebagai contoh kita ambil kata kunci yang saya kasih kotak sebagai berikut:
1. Kata kunci pertama yaitu: "
Cara Membuat email" dengan jumlah pencarian 74.000 dan nilai kompetitornya Medium/menengah.
2. Kata kunci kedua yang kita ambil yaitu: "
Mendaftar Email Baru", dengan jumlah pencarian perbulan 27.100 dan niali kompetitornya Low/rendah.
kita sanggup berbagi kta kunci tersebut menjadi long tail keyword yang gres misal dari kata kunci Cara menciptakan email kita kembangkan dan kita ubah menjadi "
Cara buat Email Yahoo gres lengkap" atau apapun tergantung dari kata kunci longtail keyword yang ingin anda bidik.
Cara Menganalisa Nilai kompetitor Blog/Situs
Setelah kita memutuskan mengambil kandidat kata kunci diatas, langkah selanjutnya ialah kita harus melaksanakan riset lanjutan untuk melihat daftar blog atau situs tentangan yang sudah lebih dulu memakai kata kunci tersebut. apakah sanggup kita saingi atau tidak.
Untuk memperoleh info mengenai situs-situs kompetitor yang lebih dulu sudah memakai kata kunci long tail keyword yang kita bidik, kita akan gunakan plugin MozBar, tool ini tersedia untuk google croome juga untuk mozila firefox. untuk memasangnya pada browser anda silahkan anda masuk ke situs
http://moz.com/tools/seo-toolbar, kemudian silahkan anda download sesuai dengan browser yang anda gunakan kemudian silahkan anda instal. sebelum dipakai jangan lupa restart browser anda.
Mozbar Sebenarnya berfungsi untuk melihat nilai Page authority PA dan Domain Authority, situs-situs secara pribadi yang muncul pada daftar hasil pencarian google, dikala pada browser kita sudah terinstal MozBar, daftar hasil pencarian search enggine akan dilengkapi dengan info DA dan PA serta info terkait lainnya.
Untuk melaksanakan analisa tingkat kompetitor daftar blog yang sudah lebih dulu memakai kata kunci yang kita bidik, ialah sebagai berikut:
a. Silahkan cari memakai google kata kunci longtail keyword yang kita bidik, misal kita akan cek blog pesaing yang sudah memakai kata kunci "Cara Membuat Email Yahoo gres lengkap" silahkan lakukan pencarian dengan kata kunci tersebut, kita akan mendapat info berikut:
Dapat kita lihat sesudah menginstal MozBar pada browser hasil pencarian google dilengkapi dengan Analisa PA dan DA, PA mengindikasikan Kepercarayaan google terhadap suatu halaman artikel, Semakin banyak yang mengunjungi nilai PA biasanya akan semakin meningkat, semakin tinggi PA berarti akan semakin sulit untuk kita lewati posisi SERP nya. sedangkan DA ialah nilai kepercayaan mesin pencari terhadap domain situs atau blog yang kita gunakan, semakin besar nilai DA akan semakin sulit untuk kita lewati, PA dan DA biasanya selalu beriringan menentukan posisi teratas pada hasil pencarian, jikalau halaman yang kita miliki untuk kata kunci tertentu mempunyai PA dan DA yang sangat tinggi, berarti sanggup dipastikan halaman tersebut walaupun dengan short tile keyword sekalipun akan menduduki urutan pertama mesin pencari dengan kata kunci pencarian yang relevan.
yang sanggup kita jadikan contoh untuk longtail keyword yang akan kita bidik, data yang dijadikan contoh ialah data hasil pencarian (SERP) yang muncul pada urutan 1 hingga 10 saja, kita lihat PA dan DA nya, jikalau dalam daftar terdapat hasil yang mempunyai PA dibawah 1-10 kemudian DA nya juga kecil berarti kita sanggup memakai longtail keyword yang kita bidik tersebut, tetapi jikalau dari hasil 10 pencarian hampir semuanya mempunyai DA dan PA yang tinggi, berarti kita harus meracik kembali longtail keyword lainnya untuk judul artikel kita, begitu seterusnya, silahkan gunakan cara yang sama untuk longtail keyword lainnya yang anda bidik.
Jika anda sudah menemukan longtailkeyword kemudian nilai kompetitor masih dibawah rata-rata, berarti longtail keywords yang anda bidik tersbut sanggup anda jadikan judul artikel. biar berhasil.
Demikian info yang saya sanggup share tentang CARA menentukan longtail keywords yang tepat, biar bermanfaat.
Posting Komentar
Posting Komentar