JARINGAN KOMPUTER
Assalamuallaikum Wr,Wb
Hy Sob,,Selamat tiba lagi diblog saya,sekarang saya akan menjelaskan bahan perihal
"JARINGAN KOMPUTER" ,biar cepet eksklusif aja simak bahan dibawah
.
PENGERTIAN JARINGAN Jaringan komputer (jaringan) yaitu jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer dan komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar Data dan Informasi. Tujuan dari jaringan komputer yaitu biar sanggup mencapai tujuannya, setiap bab dari jaringan komputer sanggup meminta dan memperlihatkan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Baca Juga Artikel Lainnya : SEJARAH JARINGAN KOMPUTER Sejarah jaringan komputer bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di Amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Universitas Harvard yang dipimpin profesor Howard Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus digunakan bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa aktivitas sanggup dijalankan dalam sebuah komputer dengan kaidah antrian.
Kemudian pada tahun 1950-an ketika jenis komputer mulai berkembang hingga terciptanya super komputer, maka sebuah komputer harus melayani beberapa kawasan yang tersedia (terminal), untuk itu ditemukan konsep distribusi proses menurut waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System). Maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah komputer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan (host) komputer. Dalam proses TSS mulai terlihat perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri. Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) tetapkan untuk mengadakan riset yang bertujuan untuk menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik pada tahun 1969. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka sanggup saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan. Dan pada tahun 1970 itu juga sehabis beban pekerjaan bertambah banyak dan harga perangkat komputer besar mulai terasa sangat mahal, maka mulailah digunakan konsep proses distribusi (Distributed Processing). Dalam proses ini beberapa host komputer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara paralel untuk melayani beberapa terminal yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Dalam proses distribusi sudah mutlak diharapkan perpaduan yang mendalam antara teknologi komputer dan telekomunikasi, alasannya yaitu selain proses yang harus didistribusikan, semua host komputer wajib melayani terminal-terminalnya dalam satu perintah dari komputer pusat.
Ini yaitu Model Time Sharing System (TSS)
Pada tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan aktivitas surat elektonik (email) yang dibuatnya setahun yang kemudian untuk ARPANET. Program tersebut begitu gampang untuk digunakan, sehingga eksklusif menjadi populer. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1972, ikon at (@) juga diperkenalkan sebagai lambang penting yang menandakan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan meluas ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1973, dua orang hebat komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pedoman International Network (Internet). Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex. Hari bersejarah berikutnya yaitu tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan surat elektronik dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network.
Peta logika dari ARPANET
Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, membuat newsgroups pertama yang diberi nama USENET (User Network) pada tahun 1979. Tahun 1981, France Telecom membuat sesuatu hal yang gres dengan meluncurkan telepon televisi pertama, di mana orang sanggup saling menelepon yang juga berafiliasi dengan video link.
Seiring dengan bertambahnya komputer yang membentuk jaringan, dibutuhkan sebuah protokol resmi yang sanggup diakui dan diterima oleh semua jaringan. Untuk itu, pada tahun 1982 dibuat sebuah Transmission Control Protocol (TCP) atau lebih dikenal dengan sebutan Internet Protocol (IP) yang kita kenal hingga ketika ini. Sementara itu, di Eropa muncul sebuah jaringan serupa yang dikenal dengan Europe Network (EUNET) yang meliputi wilayah Belanda, Inggris, Denmark, dan Swedia. Jaringan EUNET ini menyediakan jasa surat elektronik dan newsgroup USENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan Sistem Penamaan Domain atau domain name system, yang kini kita kenal dengan DNS. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987, jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10000 lebih.
Jaringan komputer terus berkembang pada tahun 1988, Jarkko Oikarinen seorang berkebangsaan Finlandia menemukan sekaligus memperkenalkan Internet Relay Chat atau lebih dikenal dengan IRC yang memungkinkan dua orang atau lebih pengguna komputer sanggup berinteraksi secara eksklusif dengan pengiriman pesan (Chatting ). Akibatnya, setahun kemudian jumlah komputer yang saling berafiliasi melonjak 10 kali lipat. tak kurang dari 100000 komputer membentuk sebuah jaringan. Pertengahan tahun 1990 merupakan tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee merancang sebuah programe penyunting dan penjelajah yang sanggup menjelajai komputer yang satu dengan yang lainnya dengan membentuk jaringan. Programe inilah yang disebut Waring Wera Wanua atau World Wide Web.
Komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer pada tahun 1992. Dan pada tahun yang sama muncul istilah surfing (menjelajah). Dan pada tahun 1994, situs-situs di internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya berbelanja melalui internet atau virtual-shopping atau e-retail muncul di situs. Pada tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus tahun kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Klasifikasi
Contoh model jaringan Klien-Server
Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :
Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), dan Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Jaringan wilayah lokal]] merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kawasan yang berukuran hingga beberapa 1 - 10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk menggunakan bersama sumberdaya (misalnya pencetak (printer) dan saling bertukar informasi. Sedangkan Jaringan wilayah metropolitan merupakan ekspansi jaringan LAN sehingga meliputi satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10 - 50 kilometer. Kabel transmisi yang digunakan yaitu kabel serat optik (Fiber Optic). Jaringan wilayah luas Merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya sanggup meliputi seluruh dunia, contohnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama yaitu komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi Jaringan Klien-server (Client-server) dan Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer). Jaringan klien-server pada ddasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Semua seruan layanan sumberdaya dari komputer klien harus dilewatkan ke komputer peladen, komputer peladen ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi seruan layanan sangat sibuk bahkan sanggup disiapkan lebih dari satu komputer menjadi peladen, sehingga ada pembagian tugas, contohnya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer peladen biasanya lebih dari konfigurasi komputer klien baik dari segi kapasitas memori, kapasitas cakram keras {harddisk), maupun kecepatan prosessornya. Sedangkan jaringan ujung ke ujung itu ditunjukkan dengan komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer sanggup meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani seruan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya sanggup diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, alasannya yaitu komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.
Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer sanggup dibedakan atas: Topologi Bus
Topologi Star
Topologi Ring
Topologi Tree
Topologi Mesh
Topologi Peer To Peer
Topologi Linier
Topologi Hybrid
Topologi Broadcast
Topologi Hiraraki
Berdasarkan distribusi sumber informasi/data Jaringan terpusat Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai mediator untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
Jaringan terdistribusi Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berafiliasi dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
Berdasarkan media transmisi data Jaringan berkabel (Wired Network) Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diharapkan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim info dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
Jaringan nirkabel(Wi-Fi)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diharapkan kabel untuk menghubungkan antar komputer alasannya yaitu menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal info antar komputer jaringan.
Baca Juga Artikel Lainnya : - Topologi Bus
- Topologi Star
- Topologi Ring
- Topologi Tree
- Topologi Mesh
- Topologi Peer To Peer
- Topologi Linier
- Topologi Hybrid
- Topologi Broadcast
- Topologi Hiraraki
Nah Sob,Mungkin sekian bahan yang sanggup saya sampaikan untuk kalian semua ,kalian sanggup Request bahan Apapun asal yang bersangkutan dengan blog ini ,dan mohon untuk terus ikuti blog saya ini dan komentnya juga sekian,.,.
WASSALAMUALLAIKUM Wr,Wb.,.,.
Posting Komentar
Posting Komentar