Featured Post

Cara Mengaktifkan Fitur Https Di Blogspot/Blogger

Hei guys, tutorial kali ini Titip Teknologi akan membahas bagaimana cara mengaktifkan fitur HTTPS di blogspot/blogger. Dengan mengaktifkan fitur HTTPS (HTTP Secure) ini tentu saja akan kuat terhadap SEO blog Anda alasannya yaitu blog Anda akan dinilai lebih kondusif oleh search engine. HTTPS sanggu…

Cara Memakai Fungsi Not Di Excel

Cara Menggunakan Fungsi NOT Di Excel.  NOT ialah salah satu rumus logika dimana fungsinya ialah Menghasilkan nilai TRUE Jika Kondisi Yang Diuji bernilai Salah Dan FALSE Jika Kondisi Yang Diuji bernilai Benar. Dalam fungsi ini biasanya memakai fungsi IF untuk memilih kondisi sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Sepeti Contoh dibawah ini.

Sebagai Contoh Membuat Sebuah tabel yang terdiri dari nilai, NOT dan IF Dan NOT yang dalam bentuk penulisan rumusnya nanti akan menampilkan sebuah keterangan yang berisi TRUE dan FALSE dan selanjutnya Fungsi NOT tersebut akan digabungkan dengan Fungsi IF untuk memilih sebuah kondisi menurut kriteria menyerupai memilih LULUS Dan TIDAK LULUS Berdasarkan NILAI. 

Berdasarkan Penjelasan pola diatas maka sampul ilmu menjelaskan perihal Cara memakai Fungsi NOT Di Excel. Berikut ialah langkah-langkahnya

Pertama yang anda harus pahami ialah bentuk penulisan Fungsi NOT 
=NOT(Logical)

Buatlah tabel dibawah ini sebagai contoh

NOT ialah salah satu rumus logika dimana fungsinya ialah Menghasilkan nilai TRUE Jika Ko Cara Menggunakan Fungsi NOT Di Excel

Langkah Selanjutnya Masukan Kode Rumus Pada Kolom NOT
  1. Pada Cell B3 ketikan Rumus =NOT(A3<=70)
  2. Pada Cell B4 ketikan Rumus =NOT(A4<70)
  3. Pada Cell B5 ketikan Rumus =NOT(A5>50)
  4. Pada Cell B6 ketikan Rumus =NOT(A6>=50)
Langkah Selanjutnya Masukan Kode Rumus Pada Kolom IF Dan NOT
  1. Pada Cell C3 ketikan Rumus =IF(NOT(A3<60);"LULUS";"TIDAK LULUS")
  2. Pada Cell C4 ketikan Rumus =IF(NOT(A4<60);"LULUS";"TIDAK LULUS")
  3. Pada Cell C5 ketikan Rumus =IF(NOT(A5<60);"LULUS";"TIDAK LULUS")
  4. Pada Cell C6 ketikan Rumus =IF(NOT(A6<60);"LULUS";"TIDAK LULUS")
Untuk Cara Penggunaan Rumus IF anda Dapat Membaca Belajar Fungsi IF pada Microsoft Excel
Setelah anda memasukan Rumus Diatas Maka kesudahannya ialah menyerupai pada gambar dibawah ini :

NOT ialah salah satu rumus logika dimana fungsinya ialah Menghasilkan nilai TRUE Jika Ko Cara Menggunakan Fungsi NOT Di Excel

Penjelasan Pada Kolom NOT ialah :
  1. NIlai Pada Cell B3 menghasilkan Nilai FALSE sebab Nilai Pada Cell A3 Kurang dari atau sama dengan 70
  2. NIlai Pada Cell B4 menghasilkan Nilai TRUE sebab Nilai Pada Cell A4 Kurang dari 70
  3. NIlai Pada Cell B5 menghasilkan Nilai TRUE sebab Nilai Pada Cell A5 lebih Besar 50
  4. NIlai Pada Cell B6 menghasilkan Nilai FALSE sebab Nilai Pada Cell A6 lebih Besar atau sama dengan 50
Penjelasan Pada Kolom IF Dan NOT ialah :
  1. Jika Nilai Lebih Kecil Dari 60 maka TIDAK LULUS Dan Jika Nilai Lebih besar dari 60 Maka LULUS
Semoga Penjelasan perihal Cara Menggunakan Fungsi NOT Di Excel. Dapat bermanfaat dan dijadikan sebagai materi pembelajaran terima kasih.

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter