Tutorial Pembuatan Absensi Menggunakan Ms Excel 2007. Kali Ini Menjelaskan sedikit ihwal
Proses menciptakan Absensi Menggunakan Ms Excel 2007. Pengertian Absensi
, Absensi ialah daftar manajemen ketidak hadiran pegawai/Karyawan/siswa. Dimana pegawai/Karyawan/siswa yang tidak hadir akan tercatat di daftar abensi dan kapan saja sanggup di cek oleh atasan/Pimpinan /Guru.
Baca Juga Cara Membuat Kolom Tanda Tangan Secara Otomatis Diexcel Langkah-Langkah Pembuatannya Adalah
- Buka Lembar kerja Microsoft Excel
- Pada Lembar Kerja Microsoft Excel Pilih sajian Insert kemudian click Wordart dan pilih model goresan pena yang ingin kalian gunakan Maka Akan Muncul goresan pena Your Text Here
- Ganti Tulisan Your Text Here Menjadi ABSENSI
- Pada Sel A7 ketikan NOMOR, Sel B7 ketikan NAMA, sel C7 ketikan NIM, Sel D7 Ketikan TANGGAL
- Pada sel D8 ketikan 1 dan sel E8 Ketikan 2 kemudian blok sel D8 dan E8
- Kemudian Arahkan Kursor anda Pada sudut kiri bawah kilk tahan dan geser hingga mengambarkan angka 31 kemudian lepas maka secara otomatis akan Menampilkan Angka 1 hingga dengan 31
- Block kolom D hingga kolom AH kemudian Klik kanan Pada kolom Yang telah di blok dan pilih column width…
- Kemudian isikan dengan angka 3 kemudian ok
- Pada kolom AI7 ketikan KETERANGAN
- Ketikan Pada Sel AI8 ALPA,Sel AJ8 SAKIT, Sel AK8 IZIN, Sel AL8 HADIR
- Pada kolom NOMOR kita block satu baris kebawah kemudian pada sajian Home pilih Merger & Center untuk menciptakan Kolom NOMOR Berada Ditengah Maka Kita Klick Center Dan kemudian Clik Middle Align
- Klik pada kolom TANGGAL dan kemudian Tahan Dan geser hingga pada kolom AH7 seperti pada
- Kemudian pilih sajian home kemudian klick Merge & Center akan muncul tampilan menyerupai berikut
- Pada kolom keterangan Lakukan Hal Yang sama Dengan Cara Klick Merge & Center
- Pada Kolom NOMOR klick Kanan Kemudian Pilih Format Cells…
- Pada Tamiplan Format Cels.. pilih Tab Alignment kemudian pada horizontal pilih center dan pada vertical pilih center pada orientation ketikan angka 90 kemudian ok
- pada sel A9 ketkan 1 dan A10 ketikan 2 kemudian blok angka 1 dan 2
- arahkan kursor pada sudut kiri bawah pada angka 2 kemudian klik tahan dan geser hingga mengambarkan angka 5 kemudian lepas
- isikan nama pada kolom NAMA dan isikan nim pada kolom NIM Seperti Pada Gambar Dibawah ini
- Pada Langkah selanjutnya Kita akan Menggunakan Condintional Formating Untuk Membuat warna Pada dikala Kita memasukkan Data referensi Apabila kita memasukkan aksara Pada lembar mangkir dengan aksara a maka secara otomatis akan berubah warna menjadi merah dengan cara blok kawasan tempat kita akan mengisi absen
- pilih Menu home kemudian klik Conditional formatting kemudian pilih manage rules
- Pada tampilan conditional formatting rules manager pilih New rule
- Pada tampilan New Formating Rule pilih format Only cels that contain pada cels Value pilih specific text Kemudian pada textkosong sebelah kanan ketika aksara a
- Kemudian klick format kemudian pilih tab fill dan pilih warna menjadi merah kemudian ok
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels that contain pada cels Value pilih specific text dan isikan i pada text kosong
- Pilih format kemudian pilih tab Fill Dan pilih warna menjadi hijau kemudian oke
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels that contain pada cels Value pilih specific text dan isikan s pada text kosong kemudian pilih format dan pilih tab fill pilih warna biru kemudian oke
- Kemudian pilih lagi new rule dan kemudian pilih format Only cels that contain pada cels Value pilih specific textdan isikan h pada text kosong kemudian pilih format dan pilih tab fill pilih warna kuning kemudian oke
- Kemudian pilih baiklah untuk membuktikan apakah proses yang kita buat sudah benar kita masukan aksara a pada kolom tempat kita akan mengisikan mangkir maka secara otomatis akan berubah warna menjadi merah begitu juga dengan I akan bermetamorfosis hijau, s akan berubah warna menjadi biru , h akan berubah warna menjadi kuning
- Sekarang kita akan menciptakan perhitungan kehadiran secara otomatis dengan memakai rumus COUNTIF
Klick Pada sel AI9 atau kolom ALPA kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"a")
Maka secara otomatis akan menghitung jumlah ALPA
Klick Pada sel AJ9 atau kolom SAKIT kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"s") kemudian enter
Klick Pada sel AK9 atau kolom IZIN kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"i") kemudian enter
Klick Pada sel AL9 atau kolom HADIR kemudian Ketikan
Rumus =COUNTIF(D9:AH9;"h") kemudian enter
Pada Kolom total Kita Masukkan Rumus SUM Pada Kolom Alpa, Sakit, Izin, Hadir
Klick pada sel AI9 kemudian pada sudut kanan bawak Klick Tahan Trus geser hingga kebawah atau nomor terakhir kemudian lepas maka akan secara otomatis kolom-kolom dibawah akan terisi rumus.
Hasilnya Seperti Gambar Dibawah ini
Posting Komentar
Posting Komentar